Senin, 24 Oktober 2011

Mengembalikan data yang hilang



hardiskApakah Anda pernah secara tidak sengaja menghapus file Anda, kemudian sudah meng-empty recycle bin? Atau Anda telah mem-format hard disk tapi ingin data Anda kembali? Atau data hilang / rusak karena virus? Atau karena komputer mati atau restart tiba-tiba? Ada cara untuk mengembalikan data yang hilang, yaitu dengan satu software yang sangat lengkap, yaitu Ontrack EasyRecovery Professional. Inilah cara-cara mengembalikan data Anda yang hilang .


Pertama Anda harus download dulu software tersebut, silakan klik di sini untuk. Pilih External Mirror #1.

Jika data Anda yang hilang di drive C:, sebaiknya install di komputer atau sistem operasi lain. Jika data yang hilang di drive selain C:, Anda bisa menginstall software ini di mana saja di komputer yang sama, asalkan tidak berada salam satu drive dengan data yang hilang tadi.
Software ini menyediakan sebuah solusi yang sangat komplit sehubungan dengan data yang hilang atau urusan recovery data yang hilang karena:
  1. Virus.
  2. Sektor yang tidak terbaca
  3. Kesalahan aplikasi, system, atau shut down yang tidak normal.
  4. Kerusakan pada critical area.
  5. Ter-format
  6. Penyebab lain yang memungkinkan hilangnya data.
Software ini di-install pada Windows 98 SE, Me, 2000, or XP, dan dapat me-recover data untuk pada semua sistem windows. Software ini memiliki empat feature utama, yaitu:

1. Disk Diagnostics, yaitu tool untuk mengecek kondisi hardisk Anda apakah masih bagus atau tidak.
2. Data Recovery, yaitu tool untuk mengembalikan data / file karena terhapus, terformat, dan sebagainya.
3. Email Repair, yaitu tool untuk mengembalikan data email Outlook Express yang terhapus atau rusak.
4. File Repair, yaitu tool untuk memperbaiki data / file Microsoft Word, Excel, Access, PowerPoint, dan ZIP (winzip) file yang rusak karena virus atau sebab lain.

Mari kita lihat satu per satu fasilitas yang ada dalam software ini.
Data hilang - Disk Diagnostics
Tool yang ada dalam Disk Diagnostics ini adalah:
  • Data Advisor, untuk membuat disket recovery.
  • Drive Tests, untuk mengetes kondisi fisik dari hard disk (disk drive).
  • Jumper Viewer, untuk melihat posisi jumper pada hard disk.
  • Partition Tests, untuk mengecek kondisi partisi hardisk.
  • Size Manager, untuk melihat kapasitas hard disk
  • SMART Tests, digunakan untuk mengetes kondisi Self-Monitoring, Analysis and ReportingTechnology pada suatu hardisk.
Data hilang - data recovery
Tool-tool yang ada dalam Data Recovery ini adalah:
  • Advanced Recovery, untuk mencari data yang sudah tidak dapat di-recover dengan tool lain, yaitu karena ter-format, ter-partisi, virus, atau hal lain.
  • Deleted Recovery, untuk mencari data yang sudah dihapus. Ini adalah tool yang paling sering dipakai penulis.
  • Format Recovery, untuk mencari data pada hard disk yang sudah di-format.
  • Raw Recovery, untuk mencari file yang hilang berdasarkan signature.
  • Resume Recovery, semua proses recovery dapat dihentikan sementara dan dilanjutkan pada lain waktu.
  • Emergency Media, untuk membuat disket atau CD yang digunakan untuk me-recover data / file hilang.
3. Email Repair, digunakan untuk mengembalikan data email Outlook dan Outlook Express yang hilang.
Data hilang - email repair
4. File Repair, digunakan untuk mengembalikan file-file Microsoft Office dan ZIP yang rusak. Tool ini dapat memperbaiki file Microsoft Word, Excel, Access, PowerPoint, dan ZIP (winzip) file yang corrupt / rusak karena virus atau sebab lain.
Data hilang - file repair
Data atau file yang hilang lebih sulit di-recover jika:
  1. Anda menambahkan file baru setelah Anda menghapus atau memformat hard disk.
  2. Anda menggunakan FAT32 dalam Windows XP.
Demikian cara mengembalikan data yang hilang dengan software EasyRecovery Professional. Semoga data Anda bisa diselamatkan.
Sumber : http://tutorialgratis.net


Mengembalikan Data yang hilang akibat Format Hardisk/Partisi Hilang


Tulisan ini saya tulis, berangkat dari pengalaman pahit saya hari kamis lalu (08-10-2009) ketika tanpa sengaja saya memformat hardisk. Ceritanya berawal, saat saya menginstall program 3D screensaver yang baru saja saya download dari LPWN Hamzanwadi Pancor. Ternyata program yang saya download itu adalah virus, yang kemudian merusak system windows di laptop axioo kesayangan saya. Kemudian DVD driver recover axioo saya masukkan ke DVD ROM, dan muncul layar prompt DOS. Memang dalam tampilannya meminta kita menekan tombol “Y” untuk lanjut, dan “N” untuk exit. Ya..entah kenapa saya coba saja menekan tombol Y. Saya pikir perintah ini hanya akan memformat drive C saja. Akhirnya….. seperti kiamat bagi saya. Saya coba command DIR drive C, ternyata isinya kosong. Artinya semua Data saya di laptop (dalam drive C, D, E, dan F) telah lenyap .
Saya terpaku sejenak memikirkan masalah ini. Betapa tidak, semua data-data penting sekolah, kampus, foto, file pribadi, dll hilang semua. Tapi saya berusaha menenangkan diri, karena pengalaman buruk ini pernah terjadi 5 tahun lalu, dimana semua data di laptop hilang semua dan tidak bisa dikembalikan sekalipun telah minta jasa service/mainteance saat itu.
Saya lakukan jurus berikut untuk solusi:
  1. berfikir tenang, semua masalah pasti ada jalan keluar
  2. bertanya ke mbah google, mencari informasi seputar cara mengemalikan partisi yang hilang akibat format hardisk. (ini saya lakukan di komputer Lab. Micro Teaching STKIP Hamzanwadi Selong, trims untuk mbak Naily atas waktunya).
  3. saya temukan banyak program untuk penyelamat data yang hilang
  4. siap lembur untuk meng-obrak-abrik laptop
  5. saya gunakan program Active Partition Recovery, Partition Find and Mount, tapi semuanya terlalu lama, dan tidak memuaskan.
  6. Saya coba program TestDisk 6.10 win.zip (tampilannya for DOS) dan setelah 3 jam saya nunggu sambil nonton final Miss Indonesia di Indosiar akhirnya bisa menampilkan semua partisi/drive yang hilang tersebut. Di step ini, hati saya mulai tenang dan langsung mengucapkan Alhamdulillah, karena file-file saya bisa kembali seperti sedia kala 100%. Thank to Allah SWT, thank to mbah google, dan thank to pembuat software Test Disk.
  7. Pukul 24:30, semua Data saya di laptop telah kembali (restored) semua.
  8. Alhamdulillah saya bisa tidur pulas.
Kesimpulan cerita:
Gunakan software Test Disk untuk mengembalikan semua partisi yang hilang,semua data yg hilang atau foto anda yang hilang baik di Hardisk, maupun USB/Flash Disk. Program ini FREE / GRATIS 100%
Sumber : http://subkioke.wordpress.com



Kembalikan File yang Terhapus Dengan Recuva v1.30.435

Pernahkah anda menghapus suatu file yang menurut anda pada saat itu ga diperlukan lagi, tapi ternyata dilain waktu justru file tersebut yang dicari2. Kalo udah gitu bawaannya bingung, nyesel, pingin marah, putus asa dsb. Tapi sekarang ga usah gitu2 amat bingungnya.
Sebenarnya ketika kita menekan tombol empty di recycle bin, file tersebut ga langsung hilang lenyap tanpa jejak, akan tetapi masih tersimpan di hardisk untuk beberapa waktu. Nah sekarang sudah ada sebuah software yang dapat membantu menemukan dan mengembalikan file tersebut yaitu Recuva. Sesuai namanya yang diambil dari kata recover (memulihkan, menyelamatkan) maka software ini berfungsi untuk menyelamatkan file2 yang hilang dihapus tadi.

Proses Scanning
Proses Scanning
Jika sudah menemukan, klik pada file yang dimaksud dan klik recover
Jika file yang dicari sudah ketemu, klik pada file yang dimaksud kemudian klik recover
Walaupun free alias gratis tapi software ini mempunyai kemampuan yang luar bisa, ga kalah sama yang berbayar. Software ini dapat mengembalikan segala macam file, mulai dari document (txt, ms word, power point, excel, dll), images (jpeg, gif, png, dll), audio/video (mp3, avi, mpeg, flv, dll) dsb. Kebetulan juga software ini dibuat oleh Piriform Ltd yang juga membuat software Ccleaner yang fenomenal dan terkenal itu.
Ukuran software ini sangat kecil, hanya sekitar 3,7 MB. Bagi yang ingin mencoba, silahkan klik Recuva v 1.30.435
Semoga bermanfangat :D

Tidak ada komentar: