Kamis, 06 Oktober 2011

Membuat File Format ISO Menggunakan Aplikasi Nero



Membuat File Format ISO Menggunakan Aplikasi Nero ImagePernah mendengar file dengan format/bentuk ISO? Ya, file berformat ISO (.iso) adalah suatu file arsip atau file image yang biasa terdapat di CD/DVD. File dengan format ini sudah dijadikan format standar di setiap disc, CD lagu atau film orisinil. File format ISO berguna untuk membuat backup dan berbagi file berukuran besar dengan orang lain.
Untuk menggunakan file jenis ISO ada dua cara. Pertama, file ISO tersebut harus di bakar disc (CD/DVD). Selanjutnya, disc yang berisi file iso tersebut dimasukkan CD/DVD Room untuk selanjutnya dibaca oleh PC. Cara kedua menggunakan aplikasi “bodoh” pada PC agar dia percaya bahwa Anda seolah-olah sudah memasukkan file format ISO tersebut ke dalam CD/DVD Room virtual yang kemudian akan dibaca oleh PC tersbut. Cara ini sering disebut ‘mount image’.
Beberapa apilkasi ada yang mampu membuat file dengan format ISO. Salah satu yang terkenal adalah Nero. Nero merupakan aplikasi yang bermanfaat untuk membakar(burn) file berbagai format ke dalam disc (CD/DVD). Selain itu, aplikasi Nero mampu membuat sebuah file format ISO yang nantinya bisa dibakar ke dalam CD/DVD. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang aplikasi Nero, silahkan buka website resminya di http://www.nero.com/ena/. Pada saat artikel ini dibuat terdapat 2 jenis Nero, yang gratis alias freeware dan lainnya yaitu yang berbayar.
Aplikasi Nero jenis freeware kini dikenal dengan nama Nero Kwik Media. Dulunya, Nero Kwik Media bernama Nero Lite. Sedangkan untuk jenis Nero berbayar, ada macam-macam. Misalnya Nero Multimedia Suite 10 Platinum HDNero Multimedia Suite 10Nero Video Premium HD, dsb. Tentu saja, Nero yang berbayar memiliki kualitas dan fitur yang lebih baik daripada yang gratis.
Oke, kembali lagi ke tema utama tentang file fromat ISO. Bagaimana aplikasi Nero mampu membuat file format ISO? Berikut disajikan membuat file format ISO menggunakan Nero Multimedia Suite 10. File yang akan dibuat ISO adalah Windows, bisa Windows XP/Vista atau 7. Sebelumnya, masukkan dulu CD/DVD Windows yang Anda punya ke dalam CD/DVD Room. Sudah? Baiklah, berikut step by step nya:
1) Buka aplikasi Nero pada komputer Anda.
Membuat File Format ISO Menggunakan Aplikasi Nero ImageGambar 1
2) Klik New atau File > New pada toolbar atas untuk memulai proses pembuatan file format ISO seperti terlihat pada Gambar 2.
Membuat File Format ISO Menggunakan Aplikasi Nero ImageGambar 2
3) Setelah itu, akan muncul pop up window seperti pada Gambar 3. Pada window tersebut terdapat berbagai pilihan untuk mengatur bagaimana pembuatan file format ISO Kemudian, klik New.
Membuat File Format ISO Menggunakan Aplikasi Nero ImageGambar 3
4) Selanjutnya, pilih image recorder untuk merekam file yang Anda inginkan untuk menjadi file formatISO. Kemudian, drag isi CD/DVD Windows yang akan dibuat file format ISO ke area seperti pada Gambar 4.
Membuat File Format ISO Menggunakan Aplikasi Nero ImageGambar 4
5) Kemudian klik Burn Now untuk memulai proses pembuatan file format ISO. Sesaat sebelum proses burn, Anda diminta memberi nama untuk file yang akan di burn. Selain itu, lokasi penyimpanannya juga akan ditanyakan. Selanjutnya, pilih jenis penyimpanan dengan format ISO.
Membuat File Format ISO Menggunakan Aplikasi Nero ImageGambar 5
6) Proses Burn file pun berlangsung.
Membuat File Format ISO Menggunakan Aplikasi Nero ImageGambar 6
7) Setelah selesai, muncul pop up windows yang menyatakan bahwa proses burn menjadi file formatISO telah sukses dilakukan. Klik Ok.
Membuat File Format ISO Menggunakan Aplikasi Nero ImageGambar 7
8 ) Cek hasil burn file format ISO Windows 7 pada alamat penyimpanan file yang tadi telah ditentukan tadi.
Membuat File Format ISO Menggunakan Aplikasi Nero ImageGambar 8
Demikian artikel tentang step by step membuat file ISO menggunakan Nero. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba Membuat File Format ISO Menggunakan Aplikasi Nero Image

Tidak ada komentar: